Apa Sih yang Dimaksud dengan Influencer Marketing?

influencer marketing

Influencer marketing adalah salah satu strategi pemasaran dengan media orang yang memiliki kredibilitas terhadap suatu brand atau produk tertentu. Banyak perusahaan menganggap strategi ini mampu meningkatkan penjualan, karena penilaian influencer terhadap brand atau produk sangat dipercaya oleh para pengikutnya.

Strategi influencer marketing ini masih tergolong baru di dunia bisnis tapi cukup digemari. Hanya dengan memanfaatkan media sosial, seseorang bisa menjadi influencer seperti misalnya, travel blogger ataupun fotografer fesyen. Namun ingat, seorang influencer harus memiliki jumlah pengikut atau follower yang sangat banyak di hampir seluruh media sosial.

Influencer marketing dalam arti yang sebenarnya

Bisa dikatakan, menjadi seorang influencer sejati bukan perkara mudah. Sama halnya seperti strategi pemasaran yang lain, influencer juga butuh waktu dan usaha yang tidak ringan untuk merasakan hasilnya. Influencer tak hanya sekadar orang yang Anda bayar, kemudian bekerja untuk membuat review bagus tentang brand atau produk Anda.

Influencer merupakan orang yang rela menghabiskan waktunya hanya demi membangun brand mereka sendiri sebagai seseorang yang bisa dipercaya. Influencer adalah sosok orang yang secara naluri sangat peduli akan reputasi dan para pengikut yang telah mempercayainya.

Dalam arti sebenarnya, influencer adalah mereka yang sabar dan fokus demi kesuksesannya di media sosial. Meski begitu, mereka tidak tertarik dengan hasil instan. Menjadi seorang influencer berarti bertanggung jawab penuh atas otoritas, kredibilitas, dan pola pikir layaknya pemimpin.

Jika dibandingkan dengan media sosial marketing, strategi influencer seperti ini lebih cepat mendapatkan pelanggan. Bahkan, besar kemungkinannya untuk engaged ke brand atau produk yang ditawarkan.

Namun, untuk bisa bekerjasama dengan seorang influencer, Anda membutuhkan usaha yang tak mudah. Pasalnya, Anda harus meyakinkan mereka kalau produk yang ditawarkan memang berkualitas dan sesuai standar.

Strategi media sosial marketing dan influencer marketing

Media sosial marketing pada umumnya menempatkan brand pada platform yang telah ditentukan sebelumnya. Pengguna pun akan bertambah seiring waktu. Begitu juga dengan jumlah pengikut atau follower yang merekomendasikan brand atau produk tersebut. Kategori konsumen seperti ini harus terus diperhatikan. Salah satunya dengan pendekatan personal.

Media sosial marketing biasanya akan terfokus pada upaya yang membuat konsumen tetap menyebarkan dan merekomendasikan produk ke orang-orang terdekat mereka. Namun, metode pendekatan seperti ini memiliki kelemahan. Tidak semua pengguna media sosial memiliki banyak pengikut sehingga dampak yang dihasilkan tidak signifikan.

Tak semua orang memiliki jaringan luas. Biasanya hanya terdiri atas beberapa ratus follower dengan beragam selera. Percayalah, mencoba memperoleh follower dan like dari target yang tidak tersegmentasi akan membuang waktu Anda.

Berbeda halnya dengan strategi pemasaran influencer. Brand atau produk bisnis Anda akan langsung dihadapkan pada target konsumen yang telah tersegmentasi. Selain itu, Anda juga bisa mendapat akses yang mudah ke follower influencer tersebut dengan berinteraksi secara positif dan konstruktif.

Tujuan utama dari strategi ini bukanlah untuk menjual produk ke follower tersebut, melainkan tampil sebagai bagian dari komunitas yang ditargetkan.

Konten paling efektif untuk strategi influencer marketing

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa seorang influencer, maka Anda wajib memperhatikan konten apa yang seharusnya disajikan. Salah satu pilihan konten yang bisa Anda pilih adalah konten yang mengandung pembahasan soal company profile.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, company profile merupakan suatu laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status, dan tujuan perusahaan. Company profile ini bisa dibuat dengan cara sesingkat mungkin, tapi masih mengandung data yang cukup untuk disajikan pada target konsumen. Meski ada beberapa format yang berbeda dalam penggunaan company profile ini, tetap ada beberapa informasi penting yang wajib disertakan.

Ingatlah, company profile yang dijadikan konten influencer harus selalu memuat informasi tentang kontak, berupa akun media sosial atau link web bisnis Anda. Selain itu, Anda harus mempersiapkan informasi detil produk yang ditawarkan beserta harga yang harus mereka keluarkan demi mendapatkannya.

Demikian ulasan singkat mengenai influencer marketing yang mungkin sedang Anda butuhkan. Strategi satu ini memang terbukti cukup efektif dan efisien karena produk bisnis Anda langsung dihadapkan pada target konsumen yang relevan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *