Kenali 5 Penyebab Rumah Anda Banyak Rayap

Tahukah Anda ternyata rumah yang bagus tidak menjamin bahwa rumah tersebut aman dari rayap. Ada banyak rumah bagus yang ternyata digerogoti oleh rayap. Jadi sebaiknya Anda selalu menjaga rumah Anda dari serangan rayap ya daripada nanti harus memanggil jasa anti rayap.

Hingga saat ini ternyata kayu menjadi material penting yang selalu hadir dalam sebuah proyek pembangunan. Meski jika dilihat kayu memiliki nilai estetika yang tinggi namun dalam hal perawatan, kayu juga memiliki tingkat kesulitan dalam merawatnya. Dan jika  tidak dirawat dengan baik maka kayu akan lebih cepat rusak terutama jika menggunakan kayu yang biasa.

Tahukah Anda ada beberapa hal yang membuat rumah menjadi banyak rayap, apa saja penyebabnya? Simak di bawah ini:

  1. Rumah yang Gelap dan Lembab

Apakah Anda memiliki ruangan yang gelap dan lembab? Ruangan yang jarang dikunjungi seperti ini akan menjadi sasaran empuk bagi koloni rayap. Mereka akan sangat senang tinggal di tempat seperti ini.

Selain itu, ruangan yang lembab tentu saja akan meningkatkan kerusakan dan proses pelapukan kayu menjadi dua tingkat lebih cepat. Jika sudah begini, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan menjemur perabotan kayu Anda di bawah sinar matahari beberapa waktu. Anda bisa melakukannya beberapa minggu sekali.

  1. Lahan yang Digunakan Sangat  Subur

Ada penyebab lain selain rumah yang lembab dan gelap. Kemungkinan besar adalah karena lahan yang digunakan sebagai bangunan memiliki tanah yang sangat subur. Anda pasti tahu bahwa tanah yang subur memiliki banyak kandungan dan rayap menyukai lahan seperti ini karena banyaknya sumber makanan.

Jadi jika tanah subur ini ada di sekitar rumah Anda, Anda bisa memasang sebuah penyekat sebagai pemisah antara rumah dengan halaman yang banyak rayapnya. Jika lahan yang digunakan sebagai bangunan ini ternyata tanah subur yang memiliki banyak koloni rayap di dalamnya, Anda bisa memanggil jasa anti rayap untuk mengatasinya.

  1. Rumah yang Kotor

Rumah yang kotor juga menjadi salah satu penyebab banyaknya rayap yang tinggal di rumah Anda. Coba perhatikan rumah rumah yang sudah ditinggalkan lama oleh pemiliknya dan tidak terurus pasti lebih banyak dan lebih mudah menjadi tempat tinggal para rayap bukan?

Jadi sebaiknya mulai sekarang Anda harus menjaga kebersihan rumah Anda ya.

  1. Menggunakan Kayu yang Kurang Berkualitas

Pemilihan kayu juga sangat mempengaruhi kehadiran rayap. Jika Anda menggunakan kayu yang bagus berkualitas tentu rayap tidak berminat untuk menggerogotinya ini karena kayu yang berkualitas cenderung lebih keras dan kuat. Sehingga rayap tidak bisa menembusnya.

Kayu yang bagus salah satunya adalah kayu jati. Kayu jati ini mampu bertahan hingga puluhan tahun. Dan Anda pasti tahu kayu jati ini memiliki harga yang cukup mahal di banding harga kayu lainnya. Tapi sangat sebanding dengan kualitasnya. 

  1. Adanya Rongga di Bagian Bawah Bangunan

Jika Anda tinggal di atas sebuah lahan yang subur, Anda harus lebih memperhatikan lantai atau ubin Anda. Jangan beri kesempatan satu lubang kecilpun di lantai tersebut. Demi menghindari adanya rayap.

Lubang kecil saja bisa menjadi jalan koloni rayap mencari tempat baru. Jangan sampai koloni rayap berpindah ke dalam rumah Anda. Karena perabotan Anda bisa rusak jika sudah digerogotinya. 

Namun jika Anda masih tidak bisa mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan obat ampuh untuk rayap yang dijual bebas di toko toko khusus pembasmi serangga. Atau untuk jaman sekarang Anda bisa membelinya di toko online atau marketplace yang sudah tersedia.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *